Minggu, 21 Agustus 2016

CONTOH RPP MODEL KELAS 2 SD KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    MI Al – Islamiyah Atambua
Kelas/Semester                   :    II / 1
Tema                                   :    Hidup Rukun
Sub Tema                            :    Hidup Rukun Di Rumah
Pembelajaran Ke               :    3
Alokasi Waktu                    :   1 Hari
                                                 

A.      Kompetensi Inti

KI-1
:
Menerimadan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.

KI-3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.

KI-4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas danlogis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia




B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
a.       Bahasa Indonesia
1.1       Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5       Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam                         keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.5       Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan                       keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata    bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5       Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemuka                        keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi                       dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator :
3.5.1    Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
3.5.2    Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan                                keluarga.
4.5.1   Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan     keluarga.

b.      Matematika
1.1      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1      Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.1      Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1      Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan – bilangan yang            kurang dari 100

Indikator :
3.1.3   Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8   Membilang loncat.
4.1.1   Menentukan  pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2   Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100

c.       Spbd
1.1      Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda – tanda kekuasaan Tuhan.
2.1      Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1      Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.1      Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
3.2      Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda

Indikator :
3.1.1    Mengidentifikasi bahan - bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1    Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.2    Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.8.1    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga

C.      Materi Pembelajaran
  • Contoh sikap rukun dalam kehidupan berkeluarga
  • Pola bilangan kurang dari 100
  • Karya seni rupa
  • Alat musik ritmis
D.    Pendekatan/Strategi/Model        :
Pendekatan     : Saintifik
     Metode            : Penugasan, Tanya jawab, diskusi, presentasi dan demonstrasi
     Model              : Problem Based Learning 

E.       Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

Media                   :  -   Teks lagu “main ayunan”
-          Gambar udin dan mutiara bermain ayunan
-          Teks bermain peran “buku kakak sobek”
-          Voucher mini market kelas
Alat/Bahan           :   Alat musik ritmis, Pensil warna, krayon,Pensil
Sumber Belajar     :  Buku siswa dan buku guru tema “ hidup rukun”
                                                                               
F.       Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan

·      Mengajak siswa untuk berdoa bersama
  • Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  • Mengajak berdinamika dengan “ semangat “
  • Mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
  • Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas

10 menit
2.
Kegiatan Inti


Tahap 1 : Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
  • Guru menampilkan gambar dan syair lagu “ main ayunan “ 
  • Guru membacakan syair lagu main ayunan lalu diikuti oleh siswa
  • Guru mendiskusikan tentang pengalaman bermain bersama adik dan kakak di rumah
  • Guru membimbing siswa menyanyikan lagu “ main ayunan “ menggunakan alat musik ritmis

15 menit
Tahap 2 : Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
  • Siswa kemudian dibagi menjadi 5 kelompok. Dalam kelompok siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks lagu “ main ayunan “
  • Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuatnya dengan kelompok lainnya
  • Siswa menjawab pertanyaan yang telah ditukarkan
?
20 menit
Tahap 3 : Membimbing penyelidikan individual atau kelompok
  • Siswa bermain peran berdasarkan teks percakapan “ buku kakak sobek “
  • Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun
  • Siswa membedakan contoh hidup rukun dan tidak rukun berdasarkan gambar 
  • Guru mendorong siswa agar bertanya dan memberikan pendapat tentang gambar tersebut
  • Siswa diminta menggubah syair “ main ayunan “ menjadi sebuah cerita
  • Siswa diminta menuliskan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar dan menyelesaikan teka – teki pola pada voucher market kelas
  • Siswa berbelanja alat dan bahan yang dibutuhkannya di mini market kelas
  • Siswa menghias cerita yang ditulis dengan menggambar imajinatif menggunakan pensil warna / krayon
Tahap 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Siswa   diminta   untuk pekerjaan  yang  telah  mereka  buat  kepada  teman-temannya.
  • Guru    mendiskusikan  dan langkah-langkah  pemecahan  masalah  yang  telah ditetapkan sebelumnya oleh siswa.
  • Siswa menempelkan hasil karya di tempat yang mereka inginkan.

3.
Penutup
Tahap 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
·      Siswa diminta melakukan refleksi terhadap proses pemecahan masalah yang telah mereka lakukan
·      membuat rangkuman/simpulan hasil kegiatan

·      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan

·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

·      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, dan layanan konseling

·      memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok

·      menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya







10 menit

G.      Penilaian, Pembelajaran Remidial, dan Pengayaan
           
1.      Teknik Penilaian

No
Aspek
Teknik
Bentuk
1
Sikap
Observasi
Lembar observasi

Pengetahuan
Penugasan
Tugas

Keterampilan
Unjuk kerja
Lembar unjuk kerja


2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian sikap dengan Lembar Observasi pada saat PBM
b.      Penilaian Pengetahuan dengan Penugasan , dengan memberikan Tugas
c.       Penilaian Ketrampilan dengan penilaian unjuk kerja pada saat fase mengasosiasi/ setelah PBM
3.      Pembelajaran Remidi dan Pengayaan
a.      Remidial
-          Guru membimbing siswa yang kesulitan memainkan pola irama menggunakan alat musik ritmis
-          Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan menulis kalimat permohonan maaf
-          Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan pola bilangan pada deret bilangan di berikan bimbingan dan latihan tambahan
b.      Pengayaan
-          Siswa kembali menyanyikan lagu “ main ayunan “ menggunakan alat musik ritmis
-          Siswa ditugaskan menuliskan kalimat permohonan maaf yang santun
-          Siswa ditugaskan menentukan pola bilangan dari beberapa deret bilangan yang dikemukakan guru









1.      Sikap
2.      Pengetahuan
a.       Membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu
No
Nama Siswa
Skor
Klasifikasi
1
Fahri


2
Yumna


3
Putri


4
Rizka


5
Iqbal


6
Kinanti



b.      Melengkapi deret bilangan berderet +3
No
Nama Siswa
Skor
Klasifikasi
1
Fahri


2
Yumna


3
Putri


4
Rizka


5
Iqbal


6
Kinanti



3.      Keterampilan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Jumlah
Skor
Klasifikasi
1
2
3
4
1
2
3
4

Yumna












Putri












Rizka












Iqbal












Kinanti






















Mengetahui,
Kepala MI Al Islamiyah




(                                             )
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Kelas 2





(                                                                 )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar